Toha dan Rancangan Usaha Masa Depan
Sabtu, 22 Agustus 2020
Share With :

KELAPA DUA, Tangerang – Di tengah pandemi COVID-19 yang merebak kurang lebih empat bulan belakangan, banyak orang yang tergerak untuk merintis usaha dan menggali kreativitas untuk menambah penghasilan. Begitu pula dengan bek kanan Persita, Muhammad Toha. Pemain yang bernomor punggung 11 ini baru-baru saja merilis bisnis terbarunya di kota domisilinya, Bontang, Kalimantan Timur.

Sejak pertengahan Maret lalu memang Toha sudah kembali bermukim sementara di Bontang mengingat kompetisi dan kegiatan tim Persita tengah berhenti. Meski begitu, latihan mandiri masih menjadi agenda utama Toha sehari-hari. “Alhamdulillah latihan hampir setiap hari. Mau pagi atau sore, yang penting selalu rutin setiap hari,” ujar ayah dari dua anak itu.

Tapi hari-hari Toha saat ini tidak hanya diisi dengan kegiatan latihan dan aktivitas bersama keluarga. Karena beberapa pekan belakangan, Toha sedang getol merintis bisnis baru bersama beberapa rekannya di Bontang. “Untuk rintis bisnis baru sebenarnya udah rencana dan pandangan dari dulu. Tapi baru saat ini alhamdulillah ada sedikit rezeki dan ada banyak waktu untuk buka usaha ini. Namanya Kopi Sayang, alamatnya di Jalan Imam Bonjol, depan Hotel Akbar, Bontang,” kata Toha saat ditanya soal latar belakang bisnis coffeeshop yang dirintisnya.

Uniknya, meski memutuskan untuk merintis bisnis coffeeshop, Toha justru tidak terlalu menyukai kopi. “Tapi saya lihat peluang. Dan bukan hanya kopi saja tapi tujuan untuk kafe umum, sih. Jadi banyak makanan berat dan cemilan lainnya juga,” tambahnya.

Meski tak tahu banyak soal kopi, Toha tekun untuk belajar. Apalagi dia memang turun langsung untuk mengelola bisnis barunya ini. Toha mengaku banyak berdiskusi dengan para ahli di bidang kopi untuk menambah skill dan pengetahuannya tentang bagaimana mengelola bisnis coffeeshop

Di tengah maraknya bisnis coffeeshop, setiap usaha memang dituntut untuk berbeda dari yang lainnya untuk bisa menarik pelanggan datang. Itu juga yang jadi perhatian Toha sejak awal. Karena itu, ia memilih tema sepak bola untuk coffeeshop-nya. Salah satunya dengan memajang jersey beberapa pemain sepak bola ternama Indonesia yang asli Bontang seperti dirinya.

“Saya terinspirasi karena di Bontang belum ada kafe yang betul-betul didirikan oleh pemain bola. Jadi saya mau perkenalkan kafe yang berbeda dari biasanya,” ungkap Toha yang setiap hari juga meluangkan waktu untuk mengawasi langsung aktivitas di kafenya. “Kadang saya turun namun hanya untuk mengecek karyawan saja.”

Bisnis Kopi Sayang ini menurut Toha adalah salah satu bentuk investasinya untuk masa depan kelak. Bahkan ia memiliki mimpi untuk bisa membuka kafe serupa di Tangerang. “Memang ini tujuan saya dari dulu ingin punya usaha untuk masa depan saya, anak, istri dan keluarga. Ada rencana juga buka di Tangerang. Saya pengin buka di stadion. Amin YRA.”


Memori Panenka Aldi Al Achya
Ketika Tiga Pendekar Raih Gelar Sarjana
Next Match
STANDINGS SHOPEE LIGA 1 2020
Post Team Match Point
1 Persib 3 9
2 Bali United 3 7
3 Borneo FC 3 6
4 Persipura 3 6
5 PSM 3 5
14 Persita Tangerang 3 2

Official Sponsors

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Sign Up For Persita Newsletter

Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!