Ketika Tiga Pendekar Raih Gelar Sarjana
Jumat, 7 Agustus 2020
Share With :

KELAPA DUA, Tangerang – Kabar gembira menghampiri keluarga besar Persita di awal bulan Agustus 2020 ini. Di tengah masa pandemi dan terhentinya kompetisi Shopee LIga 1 2020, ada tiga Pendekar Cisadane yang sukses menyelesaikan pendidikan tinggi mereka.

Ketiganya adalah Edo Febriansah, Taufik Febriyanto dan Ricky Kayame. Uniknya, tiga pendekar ini sama2 menyelesaikan perkuliahan mereka di pekan pertama bulan Agustus ini. Ricky Kayame dinyatakan lulus di siding skripsi pada Selasa, 4 Agustus. Disusul Taufik yang juga menyelesaikan sidang skripsi pada Rabu, 5 Agustus dan Edo di Kamis, 6 Agustus.

Ricky menyelesaikan studinya dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Yapis, Papua dengan gelar S.Pi. Sementara Edo dan Taufik sama-sama jebolan Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta dengan gelar S,Or.

“Deg-degan rasanya. Pastilah. Karena waktu siding juga saya penasaran dengan pertanyaan yang diajukan dosen penguji,” ungkap Ricky yang memilih judul Komposisi Jenis dan Kelimpahan Zooplankton di Perairan Teluk Youtefa Kota Jayapura sebagai materi tugas akhirnya. Ricky pun bersyukur karena ia bisa menyelesaikan tugas akhir perkuliahannya dengan dukungan banyak pihak, terutama keluarga dan tentu sang istri tercinta. “Istri sangat mendukung, memotivasi dan juga membantu saya,” ujarnya.

Sementara itu, Taufik yang menekuni ilmu olahraga mengangkat tema sepak bola di tugas akhirnya. Pesepak bola dengan nomor punggung 88 ini pun bisa bernapas lega usai dinyatakan lulus meski masih harus merevisi skripsinya. “Walaupun sidangnya online, tapi tetap deg-degan juga. Karena jarang-jarang berhadapan dengan dosen yang langsung memberikan pertanyaan seperti ini,” kata Taufik yang mengaku lebih grogi saat menjalani siding skripsi ketimbang menghadapi big match di lapangan.

Satu langkah sudah dilewati Taufik. Ke depannya, selain tetap bermain sepak bola, ternyata ia sudah menyimpan mimpi untuk mengantungi sertifikasi kepelatihan sebagai bentuk pengimplementasian ilmu yang telah diraihnya di perguruan tinggi. “Kalau ada kesempatan dan rezeki untuk mengikuti licence (kepelatihan), saya insyaAllah ikut. Jadi pelatih apa enggak, yang penting punya pegangan dulu,” jawab Taufik.

Yang istimewa, Taufik dan Edo juga menjalani sidang skripsi dengan salah satu personel dosen penguji Muchtar Hasibuan, yang juga menjabat sebagai Pelatih Fisik Persita saat ini. Selain berkarier di Persita, Muchtar memang juga tercatat sebagai salah satu dosen aktif di Universita Negeri Jakarta.

Lantas adakah perbedaan ketika harus menghadapi Coach Muchtar sebagai dosen penguji skripsi, bukan sebagai pelatih fisik? “Ya sama saja sih sebenarnya. Walaupun Coach Muchtar sebagai pelatih saya, tapi kalau di bidang lain seperti kuliah, beliau menjadi dosen, ya dosen saja,” jawab Taufik.

Di lain pihak, Edo juga mengaku senang dan bahagia bisa menyelesaikan studinya tahun ini. Meski sebelumnya kewalahan harus melewati perkuliahan dan bimbingan skripsi secara daring, Edo akhirnya bisa melewati satu tahapan penting dalam kehidupannya. “Iya dulu soalnya enggak bisa ketemu dosen pembimbing langsung. Kalau bertemu langsung kan enak, jadi langsung ketahuan apa yang ahrus diperbaiki, di bagian mana. Kadang kalau daring saya kurang tepat mengartikan kesalahannya di bagian mana,” ujar Edo.

Berbeda dengan rekannya Taufik, Edo justru belum memutuskan apakah nantinya ia akan melanjutkan studi atau mengambil sertifikasi kepelatihan. “Belum ada kepikiran. Masih fokus dulu sama revisi ini nanti dan main bola juga pastinya.”

Rencana Edo itu pun sejalan dengan keinginan Ricky yang juga belum memiliki rencana berkarier di luar sepak bola dalam waktu dekat ini. “Pastinya kerja, tapi nanti lah. Untuk sementara ini belum ada rencana ke depan karena masih fokus di bola,” sahutnya.

Selamat, Ricky, Taufik, Edo!



Toha dan Rancangan Usaha Masa Depan
Pekan Depan, Persita Tangerang Kembali Menggelar Sesi Latihan
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 29 69
2 Persib 29 54
3 Bali United 29 49
4 Madura United 29 46
5 PSIS SEMARANG 29 46
16 Persita Tangerang 30 31

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!