Persita Taklukkan Timnas Senior PSSI
Sabtu, 22 Februari 2020
Share With :

SENAYAN, Jakarta — Laga apik tersaji di Lapangan Madya Senayan, Jakarta yang mempertemukan Timnas Senior PSSI melawan Persita Tangerang. Ini adalah laga uji coba Timnas pertama selama sepekan menjalani proses pemumsatan latihan.

Permainan dimulai dengan tempo kencang sejak menit awal. Kedua tim bergantian melancarkan serangan, meski di awal babak pertama terlihat timnas lebih menguasai permainan. Namun sejak menit awal pula Persita sudah bisa menciptakan peluang. Salah satunya ketika menit ke-3 Chandra Waskito melahirkan peluang lewat crossing dari sisi kiri lapangan meski belum bisa menghasilkan gol. 

Timnas pun tak kalah agresif. Tim besutan pelatih kepala Shin tae Young ini juga bisa menciptakan peluang di sekitar menit ke-4 dan langsung mengancam gawang Persita yang dijaga oleh Yogi Triana. Beruntung, bola masih melebar dari gawang Yogi. 

Permainan terus berlangsung ketat. Namun Persita terlihat sedikit kewalahan dan masih mencari pola. Namun sedikit demi sedikit Persita terus berusaha membangun serangan demi serangan. Di menit ke-9, umpan silang dari M. Toha nyaris membahayakan gawang Timnas meski belum membuahkan gol. Persita sedikit bisa bernapas lega saat gol bunuh diri dilesatkan pemain timnas. Skor berubah 0-1 untuk keunggulan Persita.

Meski tidak unggul dalam urusan penguasaan bola. Tapi terlihat serangan Persita cukup efektif. Satu peluang bagus pun sempat tercipta di menit ke-15 saat Mateo Bustos melesatkan tendangan bebas yang nyaris membobol gawang Timnas. Tempo permainan pun kian meninggi. 

Namun titik terang kembali menghampiri Persita saat Samsul Arif menciptakan gol apik dari sisi gawang di menit ke-32. Gol pun tercipta dan mengubah skor menjadi 0-2 untuk Persita. Tapi euphoria keunggulan Persita sedikit memudar saat gol timnas tercipta di menit ke-40 dari tendangan bebas yang melesat keras ke gawang Yogi. Skor berubah 1-2 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persita kian agresif seiring masuknya beberapa pemain baru, di antaranya Adittia Gigis dan Aldi Al Achya. Beberapa peluang cantik sempat dilahirkan Persita meski belum berujung gol. Baru di menit ke-62, lewat umpan Tarik, Eldar Hasanovic sukses mencetak gol. Skor pun berubah 1-3. 

Ketinggalan dari Persita, timnas mempertaruhkan segala kemampuan mereka. Di menit ke-63, satu peluang pun terlahir meski dengan mudah bisa diamankan oleh Annas Fitranto yang menggantikan Yogi di babak kedua. Tak berselang lama, di menit ke-65, giliran Aldi Al Achya yang merobek gawang timnas. Skor 1-4 untuk keunggulan Persita. 

Meski unggul 3 gol, Persita tak melonggarkan serangan. Kesempatan masih terus tercipta. Salah satunya di menit ke-70 saat Budnik nyaris bisa kembali melesatkan gol dari sisi kanan gawang. Hingga menit-menit akhir, pertarungan terus sengit. Menit ke-85, timnas nyaris menambah gol dari tendangan bebas yang sangat keras dan bertenaga dari jarak yang cukup mumpuni. Persita tak mau kalah dan menciptakan satu peluang emas di menit ke-88 dari tendangan yang melibatkan tiga pemain di depan gawang timnas, yakni Redi, Aldi dan Elisa Basna. Permainan pun berakhir dengan keunggulan Persita 1-4.

Menanggapi kemenangan Persita atas timnas, pelatih kepala Persita, Widodo C. Putro tak berkomentar banyak. Tapi ia memandang positif hasil pertandingan yang mencatat keunggulan Persita. “Hasil pertandingan tadi bagi Persita sangat positif. Di mana kami seminggu lagi sudah menghadapi kompetisi,” ungkap Widodo.

Widodo tak mau berkomentar banyak soal kondisi timnas, terutama terkait fisik. Mengingat timnas senior ini memang baru usai menjalani masa training camp selama seminggu. “Ya kami paham mungkin timnasnya tidak mencari kemenangan atu mungkin mereka intensitas latihan cukup tinggi sehingga mereka kelelahan. Tapi apapun hasilnya, ini adalah hal yang positif bagi kami sebelum Liga 1 bergulir,” tambah Widodo.

Sementara itu, Pelatih Kepala Timnas, Shin Tae Yong mengaku cuku kecewa dengan kekalahan anak didiknya. Tapi ia menganggap pertandingan uji coba melawan Persita ini sebagai proses yang memang harus dilalui. “Jadi sebenarnya ini adalah salah satu proses juga. Apalagi ada sembilan pemain yang sudah dipulangkan dan sudah ada cedera empat pemain. Sayang sekali pertandingan berakhir seperti ini. Tapi sebenarnya tidak terlalu penting juga skor dan pertandingannya. Karena kita perlu mengadakan permainan seperti ini karena bisa melihat keadaaan pemain masing-masing,” ujar pelatih asal Korea Selatan ini.

Lebih lanjut Shin mengucap bahwa untuk pertandingan melawan Persita kali ini, anak didiknya tidak mengaplikasikan strategi, tapi lebih memfokuskan pada mental dan ketahanan fisik. “Hari ini juga anak-anak sangat capek. Tapi kemampuan masing-masing ini segini, selevel ini, saya baru tahu juga karena kan sebelumnya belum ada pertandingan sebelumnya,” tambahnya.


Persita Ditahan Imbang Persipura di Laga Uji Coba
Persita Rilis Logo, Jersey dan Maskot Baru 2020
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 32 70
2 Persib 32 59
3 Bali United 32 55
4 Madura United 32 53
5 PSIS SEMARANG 32 50
16 Persita Tangerang 32 33

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!