Kuota Pemain Asing Sudah Tercukupi
Kamis, 23 Januari 2020
Share With :

TANGERANG, Banten — Lagi-lagi, Persita kembali giat bergerak di bursa transfer jelang kompetisi Liga 1 2020 bergulir. Setelah kedatangan tiga pemain asing yakni Tamirlan Kozubaev (Kirgistan), Eldar Hasanovic (Bosnia Herzegovina) dan Mateo Bustos (Argentina), awal pekan ini Persita kembali memperkuat skuat asing dengan mendatangkan pemain depan asal Ukraina, Evgeniy Butnik.

Pemain kelahiran 4 September 1990 ini datang ke Persita setelah meninggalkan klub lamanya, FC Urartu di Armenia. Evgeniy sendiri sudah tiba di Tangerang sejak Jumat, 17 Januari lalu dan langsung menjalani pemeriksaan medis menyeluruh pada Minggu, 19 Januari. Selasa, 21 Januari, barulah pemain bernomor punggung 90 ini resmi menandatangani kontrak semusim bersama Persita. Di hari yang sama, Evgeniy pun langsung bergabung di latihan sore bersama tim di Stadion Sport Centre, Kelapa Dua, Tangerang.

Perdana berlatih bersama tim yang dilatih oleh Pelatih Kepala Widodo C. Putro, Evgeniy mengaku senang meskipun masih harus sedikit beradaptasi dengan suhu Tangerang yang berbeda jauh dengan di negara asalnya. “Ya normal (latihan). Agak sedikit panas untuk saya karena suhunya kan sangat berbeda dengan negara saya. Di negara saya suhunya sampai -10 derajat. Tapi saya sudah mempersiapkan diri untuk ini,” ujar Evgeniy setelah menuntaskan sesi latihan.

Pemain berusia 29 tahun ini mengaku datang ke Tangerang demi mencari tantangan baru, berkarier di sepak bola Asia. Untungnya, Evgeniy juga memiliki teman sesama warga negara Ukraina yang juga berkarier sebagai pesepak bola di Indonesia yakni Yevhen Bokashvili yang saat ini bermain di klub PSS Sleman. “Ya, dia yang menyuruh saya datang ke Indonesia. Katanya di sini sepak bolanya bagus dan orangnya baik-baik,” kata Evgeniy.

Soal adaptasi, Evgeniy optimis bisa segera menyesuaikan diri dengan tim dan dengan suhu di Tangerang. Ia mengaku sudah terbiasa beradaptasi di tempat baru. Ia yakin, di Persita ia bisa menunjukkan permainan terbaiknya kelak.

“Saya tidak tahu banyak tentang Persita sebelumnya tapi saya tahu kalau basis fansnya besar, sudah tahu soal pelatih juga. Semuanya saya cari tahu dari internet. Semoga nanti permainan kami lebih baik dan banyak mencuri poin juga dan bisa menunjukkan permainan tingkat tinggi dan bisa mendapatkan dukungan dari penggemar.”

Ikuti Kata Hati

 Sementara itu, sehari sebelum Evgeniy bergabung dengan Persita, Senin, 20 Januari 2020, pemain belakang Syaeful Anwar juga menambah kekuatan Persita. Pemain belakang asal klub Semen Padang ini bergabung untuk memperkuat ini pertahanan Persita.

Berlatih perdana bersama Persita, Syaeful mengaku senang dan bisa diterima dengan baik di Tangerang. Pemain kelahiran 1 Desember 1994 ini sudah sejak awal memahami target Persita di musim ini untuk bisa bertahan di Liga 1. Ia pun akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan target tersebut.

“Pertama saya ucapkan terima kasih buat kesempatan saya bergabung di Persita. Sebenarnya target saya ke sini untuk pengalaman saya. Kita baru naik terus turun lagi. Semoga saya di sini bisa membantu tim untuk bisa bertahan. Target untuk 5 besar dan 10 besar ada, tapi yang penting bertahan di Liga 1,” ungkap Syaeful usai latihan pada Selasa, 21 Januari.

Menurut Syaeful, keputusannya untuk membela Persita musim ini murni karena mendengar kata hati. “Awal sebenrnya sih yang pertama menawarkan saya ke sini ya Persita. Ada sih beberapa tim yang memang menginginkan saya tapi saya lebih memilih ke Persita. Hati saya itu lebih mikir, ‘Kayaknya kesempatan saya di sana lebih bagus’. Tidak ada faktor pelatih atau keluarga. Pelatih saya baru ketemu, rekan-rekan juga baru ketemu. Jadi ini baru semua di sini.”

Di jajaran pemain belakang, kini Syaeful cukup berbangga karena bisa bersanding dengan Hamka Hamzah, bek senior Indonesia dan juga dengan Tamirlan Kozubaev, pemain asing baru rekrutan Persita. “Kalau saya sih senang (tandem dengan Hamka). Buat saya belajar, jadi dari pengalaman Bang Hamka, dari pemain asing juga, jadi saya banyak belajar. Kesan pertama sih anak-anak welcome, pelatih nyambung, anak-anak juga enggak gimana-gimana, semua welcome.”

Kembali ke Tangerang

Di jajaran penjaga gawang, ada satu nama baru yang bergabung dengan skuat Pendekar Cisadane musim ini. Dia adalah Try Hamdani Guntara, kiper yang terakhir kali berseragam klub PSS Sleman, memutuskan untuk kembali ke Tangerang. Ya, karena di tahun 2015 silam sebenarnya Try sempat bermain di Tangerang bersama Persita meski hanya beberapa bulan.

Kembali ke Tangerang, Try mengaku keputusannya bergabung ke Persita diambil usai ia menerima tawaran dari Pelatih Kiper Persita, Mukti Ali Raja tak lama setelah kompetisi Liga 1 2019 usai. “Coach tanya apa saya masih di Sleman apa enggak. Saya bilang masih dalam proses negosiasi. Tapi setelah dari Sleman lama tidak ada kabar soal negosiasi baru, saya buka peluang untuk bergabung dengan Persita. Dan alhamdulillah prosesnya enggak lama,” kata Try.

Basis penggemar yang besar dan juga latar belakang sejarah klub yang besar adalah beberapa alasan Try menerima pinangan Persita. “Selain itu stadionnya juga baru, pasti supporter sangat antusias. Dan di sini juga ada Coach Widodo dan Coach Mukti. Itu yang jadi pertimbangan saya untuk berlabuh di Persita,” tambah kiper bernomor punggung 34 ini.

Kiper kelahiran 3 Januari 1994 ini mengaku bisa cepat beradaptasi dengan tim, terutama dengan pemain-pemain lama. Sementara dengan pemain baru, ia pun tidak mengalami masalah untuk urusan adaptasi. 

“Senang dan bangga bisa gabung lagi dengan Persita dengan materi pemain yang sangat bagus. Dan saya juga semangat dan enjoy di setiap latihan. Semoga Persita musim ini lebih baik lagi dan bisa bersaing dan selalu eksis di Liga 1 2020. Target saya pribadi sih supaya bisa kasih kontribusi untuk Pendekar Cisadane.”

Sementara itu, dengan bergabungnya Evgeniy Butnik, maka tuntas sudah kuota pemain asing Persita musim ini. Setelah ini, Persita masih akan menggaet beberapa pemain senior dan pemain berusia muda untuk melengkapi skuat yang sudah ada. Sementara itu sepanjang pekan ini hingga pekan depan, enam pemain Persita, dua pelatih dan satu kitman pun tidak bisa bergabung di sesi latihan karena tengah menjalankan ibadah umrah. Mereka adalah Sirvi Arvani, Rio Ramandika, Annas Fitranto, Aldy Al Achya, Adittia Gigis, Ade Jantra Lukmana, Wiganda Saputra, Mukti Ali Raja dan Udin “Gepeng” Setiawan.


Tiga Pendekar dari Negeri Seberang
Tetap Mempersiapkan Diri Sambil Menanti Kejelasan Regulasi
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 29 69
2 Persib 29 54
3 Bali United 29 49
4 Madura United 29 46
5 PSIS SEMARANG 29 46
16 Persita Tangerang 30 31

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!