Evaluasi untuk Tatap Laga Ketiga
Minggu, 12 September 2021
Share With :

CIKARANG, Jawa Barat – Musim lalu, kompetisi terhenti saat seharusnya Persita menjamu Persib di kandang. Satu setengah tahun setelahnya, Persita akhirnya kesampaian menjamu Persib di laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi. 

Menghadapi Persib, Pendekar Cisadane menurunkan skuad terbaiknya. Skuad yang tak banyak berubah dari pertandingan pertama saat Persita menang dari Persipura di pekan pertama. Namun sayang, Persita masih gagal untuk membawa pulang poin ke Tangerang usai takluk 1-2 dari lawannya.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung dengan tempo cepat sesaat setelah peluit wasit ditiup. Kedua tim langsung bermain intens. Bahkan kedua tim sempat meraih peluang emas di menit-menit awal. Persita mendapatkan peluang pertama di menit ketiga saat free kick, namun belum bisa dieksekusi oleh Irsyad Maulana. Meski lawan bermain menekan dengan dominasi penguasaan bola, namun Persita masih bisa memanfaatkan peluang lewat counter attack. 

Meski lawan bermain dengan tempo cepat, Persita tidak mau terbawa suasana. Satu demi satu serangan Persib bisa dipatahkan dari lini tengah Persita. Terlihat memang pertarungan sesungguhnya terjadi di lapangan tengah. 

Usai 15 menit pertama, kedua tim menurunkan tempo dan berusaha mencari celah. Meski terus ditekan lawan, Persita memiliki skuad pertahanan yang cukup rapi dan bisa menutup serangan demi serangan. Namun belum ada peluang yang kunjung tercipta. Sebaliknya, lawan terus menggempur pertahanan Persita. Menit ke-38 Aldi lepas dari penjagaan usai mendapat umpan dari Toha. Tapi sayang, Aldi masih terjebak off side. Tak berselang lama, Persib sukses menjebol gawang Persita. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan Persib.

Memasuki babak kedua, Persita belum melakukan pergantian pemain. Harrison Cardoso masih mengambil peran sebagai pengatur serangan. Di awal babak kedua, Persita pun terlihat lebih berani untuk menciptakan peluang dengan bermain lebih cepat. Menit ke-53, titik terang untuk Persita akhirnya hadir. Irsyad melesatkan tendangan keras ke arah gawang Persib usai menerima umpan dari Harrison. Skor berubah imbang 1-1. Game on!

Usai Persita menyamakan kedudukan, intensitas permainan kian tinggi. Hingga menit ke-60, total 6 kartu kuning sudah dikeluarkan wasit. Tiga untuk Persita dan tiga untuk Persib. Tempo permainan berangsur menurun, tanda kedua tim mencoba membangun strategi baru. Termasuk Persita yang melakukan pergantian pemain di menit ke-67 di mana Alta Ballah masuk menggantikan Aldi Al Achya.

Persita di babak kedua terlihat mengandalkan passing-passing cepat untuk membangun serangan. Namun sayang, justru di tengah momentum Persita usai menyamakan kedudukan, Persib kembali membobol gawang Persita di menit ke-78. Skor berubah 1-2. Persita kembali melakukan penyegaran dengan memasukkan Rifky Dwi Septiawan dan Chandra Waskito menggantikan Irsyad Maulana dan Ahmad Nur Hardianto. Di menit ke-86 Ade Jantra masuk menggantikan Harrison dan Billy Keraf masuk menggantikan Adittia Gigis.

Namun tampaknya strategi Persita belum bisa membuahkan hasil manis meski beberapa peluang sempat terbentuk. Sampai menit-menit terakhir, Persita masih berusah menggempur pertahanan lawan. Namun hingga peluit akhir dibunyikan, skor tak berubah, 1-2 untuk kemenangan Persib. Persita pun harus berbesar hati mengakui kekalahan dari tim tamu.

Evaluasi untuk Laga Ketiga

Menyikapi kekalahan di laga kedua, Pelatih Kepala Persita, Widodo Cahyono Putro mengaku tetap mengapresiasi kerja keras anak asuhannya meski belum bisa meraih hasil maksimal. “Saya ucapkan selamat untuk Persib yang telah memenangkan pertandingan pada malam ini. Kami juga terima kasih pada pemain yang sudah bekerja keras, tapi memang hasil tidak baik Tapi kami selaku pelatih mengevaluasi pemain ke depannya kita terus untuk berbenah. Kami yakin pemain akan menampilkan permainan yang terbaik lagi di pertandingan berikutnya,” ujar Widodo.

Meski belum bisa membawa pulang poin ke Tangerang, Widodo melihat perkembangan tim Persita di pekan kedua semakin membaik. Apalagi jika nanti di pekan ketiga pemain asing sudah bisa turun seluruhnya. “Saya kira karena kita saya katakan tadi beberapa pemain ada pemain yang kayak Maitimo masih cedera. Dan Alex dan Yeong masih belum vaksin kedua. Dan nanti saat pertandingan ketiga mereka sudah memainkan permainan dan saya harapkan dengan ada tambahan pemain baru, kekuatan kami akan lebih bagus,” tambah Widodo yang juga mengapresiasi gol yang dicetak Irsyad malam ini. “Dan tentunya apresiasi untuk Irsyad yang telah mencetak gol. Saya harapkan bukan hanya Irsyad nantinya tapi teman-teman yang lain bisa mencetak gol.”

Belajar dari kekalahan ini, Widodo mengaku akan fokus untuk memperbaiki unsur konsistensi dalam permainan skuad Pendekar Cisadane. “Kalau menurut saya tentunya pemain sudah ada kemajuan untuk dari babak pertama tadi. Mereka tidak bisa keluar dari tekanan di babak pertama. Dan babak kedua pelan-pelan ada beberapa. Seharusnya konsiten, begitu bisa memainkan build up dari bawah dan itu bisa keluar dari tekanan, itu yang perlu kita latih terus karena ini tidak konsisten. Di babak kedua kita baru berani keluar dan bisa memainkan bola dari kaki ke kaki.”

Sementara itu, Edo Febriansah, perwakilan pemain menyebut akan belajar dari kekalahan mala mini untuk bisa membenahi diri di pertandingan selanjutnya. “Dan itulah sepak bola. Kita sudah berjuang semaksimal mungkn dan bagi kita ini akan menjadi akan bangkit di pertandingan selanjutnya. Dan semoga kita bisa meraih kemenangan selanjutnya. Itulah kondisi di lapangan karena kita tidak bisa menebak bagaimana situasinya dan kita akan memperbaiki ke depannya. Selalu ya tiap pertandingan selalu memunculkan pembelajaran-pembelajaran baru buat saya dan semoga semakin membuat saya lebih matang buat ke depannya.”


Jelang Laga Pekan Kedua, Tiga Pendekar Dipastikan Absen
Mewaspadai Langkah Persela di Pekan Ketiga
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1
Post Team Match Point
1 Bhayangkara FC 11 28
2 Persib 11 25
3 Arema FC 11 20
4 PSIS 11 19
5 Bali United 11 19
8 Persita Tangerang 11 16

Official Sponsors

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Sign Up For Persita Newsletter

Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!