Persita Gagal Amankan Poin di Pekan Keempat
Jumat, 24 September 2021
Share With :

CIBINONG, Jawa Barat – Kembali Persita harus melewati pertandingan penting di pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022. Persita yang bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, menjamu tim Bali United pada pertandingan yang berlangsung Jumat, 24 September 2021 yang dimulai pukul 15.15 WIB.

Ini adalah pertemuan ketiga Persita dengan Bali United. Pertemuan perdana terjadi saat laga perdana Persita di Liga 1 2020 di Bali. Saat itu Persita berbagi poin dengan tim tuan rumah dengan skor 0-0. Laga kedua terlaksana di gelaran turnamen pra musim Piala Menpora, kembali dengan hasil seri, 1-1.

Di pertemuan ketiga ini, Persita pun terpaksa menuntaskan misi menaklukkan skuad Serdadu Tridatu. Persita harus takluk dari Bali United dengan skor akhir 1-2.

Jalannya Pertandingan Babak 1

Persita mengawali pertandingan dengan cukup percaya diri. Sempat ada peluang yang tercipta di menit awal. Tapi sayang, gol cepat dari Bali United sukses mengoyak gawang Persita di menit ke-3. Gol mengejutkan yang kurang bisa diantisipasi oleh lini pertahanan Persita. Gol yang tercipta di saat kedua tim masih mencari format dan strategi terbaik.

Meski ketinggalan, di menit ke-7 Persita bisa memasuki area kotak pertahanan lawan, namun hanya bisa menghasilkan tendangan sudut. Serangan balik pun jadi salah satu andalan Persita untuk bisa terus mengancam gawang lawan. Meski sulit karena pressing dari lawan sangat besar. Bertambah sulit karena Adam Mitter terpaksa harus ditandu keluar lapangan di sekitar menit ke-12 karena cedera. Agung Prasetyo pun masuk menggantikan Adam sekaligus menggantikan posisinya sebagai Kapten.

Menit ke-14 gawang Persita terancam saat dua pemain depan Bali United lepas dari penjagaan Syaeful Anwar. Untungnya ada Agung Prasetyo yang masih bisa mengamankan. Setelahnya, beberapa peluang pun sempat tercipta oleh lawan, tapi semua masih bisa diamankan oleh lini pertahanan Persita.

Peluang emas Persita tercipta di menit ke-20 saat Alex membawa bola hingga ke mulut gawang dan kemudian mengumpankannya ke Ahmad Nur Hardianto. Sayang, momen sepersekian detik Nur mengeksekusi umpan silang Alex belum tepat. Kembali, duet Nur-Alex kembali menciptakan peluang di menit ke-30 saat Nur mengumpankan bola ke arah Alex yang ada di depan gawang. Alex menyundul bola tapi sayang masih terlalu lemah.

Penyelamatan apik dilakukan oleh kiper Rahmanudin di menit ke-35 saat bisa menepis sundulan dari pemain Bali United di depan gawang. Tak lama setelahnya, peluang Persita dari bola mati dieksekusi Yeong dan disambut Alex dengan sundulan, tapi masih sedikit terlalu tinggi di atas mistar gawang. Hingga turun minum skor tak berubah, 0-1 untuk keunggulan Bali United.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Babak kedua dimulai, Persita langsung melakukan pergantian dua pemain sekaligus. Raphael Maitimo keluar digantikan Harrison Cardoso, sementara Taufiq Febriyanto keluar digantikan Rifky Dwi Septiawan. Masuknya Harrison tampaknya cukup bisa menggairahkan lini tengah Persita. Di menit awal babak kedua, Persita pun mulai tampil menyerang. Penguasaan bola pun didominasi Persita.

Menit ke-55 kesempatan emas menghampiri skuad Pendekar Cisadane saat pelanggaran dilakukan pemain Bali United di titik yang tidak terlalu jauh dari gawang. Harrison Cardoso yang jadi eksekutor melayangkan tendangan bebas langsung ke arah gawang. Tipis sekali dari sisi samping gawang dan belum bisa mencetak gol penyeimbang bagi Persita.

Pergantian pemain kembali dilakukan di kubu Persita. Ahmad Nur Hardianto keluar digantikan Alta Ballah yang diharapkan bisa mendobrak pertahanan Bali United. Pertandingan pun berjalan sangat ketat di babak kedua karena Persita berusaha untuk mencetak gol penyeimbang. Kevin Gomes pun dimasukkan untuk menggantikan Irsyad Maulana di menit ke-74.

Serangan demi serangan terus tercipta di setengah babak kedua. Namun belum juga ada yang bisa dikonversi dengan baik menjadi gol. Peluang terbaik Persita hadi di menit ke-79 saat Harrison menendang bola langsung ke arah gawang tapi masih bisa ditepis tipis oleh kiper Bali United. Dilanjutkan dengan tendangan sudut yang disundul Yeong pun lagi-lagi belum bisa menghasilkan gol.

Barulah di menit ke-82 Persita bisa menyamakan kedudukan setelah permainan umpan 1-2 antara Harrison dan Alex dan kemudian diselesaikan dengan cantik oleh Edo Febriansah. Skor berubah 1-1. Tapi sayang, hanya berselang 3 menit, Persita kembali kebobolan. Skor kembali berubah 1-2. Hingga pertandingan berakhir, skor tak berubah. 

Terus Evaluasi

Menyikapi hasil yang tidak maksimal malam ini, Pelatih Kepala Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro menyebut akan terus melakukan evaluasi di timnya. Meski begitu, WCP, begitu sapaan akrab Widodo tetap berterima kasih atas kerja keras pemainnya. “Sebelumnya selamat untuk Bali United yang telah memenangkan pertandingan pada sore ini. Kami dengan pemain ya terima kasih. Pemain juga telah bekerja keras. Kalau melihat permainan kita juga tadi bisa memainkan, bisa menguasai juga. Tetapi melihat hasil memang kita kecewa. Semua pasti kecewa. Tapi sepak bola ini kan bergulir terus. Kompetisi masih banyak masih panjang. Terus kita benahi apa-apa yang menjadi kekurangan, apa-apa yang menjadi kendala di dalam kelalaian sore ini. Kita terus evaluasi,” ungkap Widodo usai pertandingan.

Pertandingan ini juga tidak lepas dari beberapa insiden terkait pengadil di lapangan. Tapi hal tersebut tidak dijadikan alasan bagi Persita berkilah dari kekalahan. Meski memang perbaikan kinerja wasit tetap harus dilakukan. “Konsolidasi ke dalam tim kita bahwa siapa yang berhak memberhentikan permainan adalah referee. Tadi ada insiden-insiden. Jadi kita terus. Sebelum referee memberhetikan seharusnya kita jalan bermain. Itu menjadikan evaluasi kami. Juga mungkin untuk referee kalaupun tadi injury time dikasih menit 3 menit. Ini sedangkan itu tadi kejadian-kejadian tadi saya kira lebih dari tiga menit. Ini ke depannya jadi catatan buat kita dan buat pengadil ke depannya semoga ini jadi lebih baik lagi,” ujar Widodo.

Tapi pelatih yang sudah mengarsiteki Persita sejak 2019 ini juga berbangga karena anak asuhnya bisa tampil menyerang dan terbuka meski dalam tekanan. “Sebetulnya sederhana. Kalau kita ketinggalan gol apa yang harus kita lakukan yaitu menyerang. Jadi salah satu kunci di babak kedua kita tampil lepas untuk menyerang. Ini seharusnya bisa dilakukan juga oleh pemain di babak pertama. Tapi memang keadaannya berbeda. Tapi inilah sepak bola di mana kita sudah bagus sudah menyerang dan kita kurang konsentrasi, fokus, sehingga kita tadi kemasukan lagi.”

Ke depan, evaluasi utama yang akan dilakukan Persita pasti akan berpengaruh pada pertandingan pekan kelima melawan Persija. “Nanti akan kita persiapkan lagi. Kita masih ada dua hari atau tiga hari untuk melawan Persija. Kebetulan kan malam ini juga Persija malam ini bermain ya. Mungkin bisa kita lihat dulu untuk pelajari. Dan next kita bisa bermain melawan Persija dan mudah-mudahan kita bisa bermain bagus,” ujar Widodo.

Sementara itu, perwakilan pemain, Edo Febriansah yang mencetak gol Persita di pertandingan ini merasa senang bisa berkontribusi baik pada timnya meski belum beruntung. “Pertama saya mengucap syukur udah diberi rezeki untuk mencetak gol pada sore ini. Walaupun belum beruntung pada keberuntungan tim kita kalah. Dan kedua selamat untuk Bali United udah menang atas kita dan kita akan bangkit di laga selanjutnya dan semoga kita bisa lebih baik di laga berikutnya. Yang pasti kita berharap ke depan kita bisa lebih baik lagi dan keberuntungan berada di pihak kita selalu,” kata pemain bernomor punggung 97 ini.


Hadapi Bali United, Persita tidak Anggap Remeh
Hadapi Persija, Persita Fokus Benahi Mental Bermain
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 31 70
2 Persib 32 59
3 Bali United 31 52
4 Madura United 31 50
5 PSIS SEMARANG 31 47
15 Persita Tangerang 32 33

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!