Karena Pandemi, Annas Fitranto Dirikan Akademi
Rabu, 6 Januari 2021
Share With :

KELAPA DUA, Tangerang – Terhentinya kompetisi akibat pandemi membuat banyak pesepak bola harus memutar otak untuk tetap beraktivitas dan menjaga kebugaran serta mengasah skill sepak bola mereka. Salah satunya yang dilakukan oleh kiper Persita, Annas Fitranto. Di masa libur tim karena pandemi COVID-19, Annas dan ayahnya, Hendri Soebagyo, yang juga mantan kiper dan saat ini menjadi pelatih kiper, mendirikan akademi khusus kiper di kampung halamannya di Malang.


Sejak pertengahan Desember 2020 lalu, Annas dan ayahnya sudah aktif melatih kiper di Hendri Soebagyo Goalkeeper Academy (HSGA). “Saya pengin mewujudkan keinginan atau cita-cita ayah saya. Karena ayah saya pernah bilang pengin dibikinin akademi khusus kiper. Jadi pas pandemi, kan saya di rumah, saya enggak ada kegiatan, jadi saya berusaha, daripada di rumah aja cuma latihan aja, jadi saya berusaha mewujudkan membangun akademi khusus kiper untuk ayah saya. Makanya akademi ini namanya pakai nama ayah saya juga,” ungkap Annas saat ditanya soal motivasinya mendirikan akademi kiper ini.


Hampir satu bulan berjalan, Annas menyebut HSGA yang dikelolanya bersama sang ayah berfokus untuk membina dan melatih kiper muda di wilayah Malang. “Untuk kiper-kiper usia muda yang masih usia 13-17. Masih junior lah. Jadi targetnya kiper-kiper yang pengin mengasah keahlian kiper mereka, mengasah skill juga, dan yang pengin meningkatkan kemampuannya. Daripada latihan di timnya saja. Mungkin dia mau nambah skill di akademi saya. Jadi targetnya kiper usia muda,” tambahnya.


Di akademi ini, Annas sepenuhnya menyerahkan tanggung jawab menyusun program latihan ke tangan sang ayah. Sementara dirinya hanya membantu untuk menerapkan program latihan tersebut. “Tetap ayah saya yang mengatur program latihan, latihan seperti apa, itu ayah saya. Saya cuma membantu karena saya pas libur tim. Balik lagi, semua saya serahkan ke ayah saya. Saya cuma bertanggung jawab di bagian itu saja. Pokoknya setiap saya ada libur atau waktu luang, saya pasti bantu akademi.”


Tapi tak terbatas untuk kiper muda saja, Annas juga mengungkap bahwa HSGA juga pernah kedatangan para kiper profesional. “Di akademi ini juga bisa untuk menjaga kondisi untuk kiper profesional. Soalnya kemarin ada dua kiper profesional juga yang datang ke akademi untuk jaga kondisi. Jadi bisa dua fungsi, untuk kiper muda dan kiper profesional yang mau jaga kondisi,” kata kiper bernomor punggung satu ini. 


Belajar dari pengalaman melatih di akademi ini, Annas pun memiliki keinginan untuk satu saat nanti merintis karier sebagai pelatih kiper. “Jalan untuk merintis karier sebagai pelatih memang ada kepikiran. Tapi untuk saat ini saya masih fokus di karier sepak bola. Untuk jadi pelatih memang ada rencana ke sana. Saya kan juga harus sekolah pelatih juga. Step by step. Tapi di usia saya yang masih tergolong usia emas, saya masih fokus di karier saya setinggi mungkin sebagai pemain. InsyaAllah nanti jadi pelatih kalau sudah waktunya.”


Lantas, jika disuruh memilih, apakah Annas lebih suka menjadi pemain atau pelatih? “Saya udah merasakan sedikit banyak pengalaman jadi pelatih di akademi ini. Harus detail, harus teliti apalagi melatih usia dini yang benar-benar dari nol. Benar-benar harus sabar, jeli, teliti, harus tahu apa kekuranan yang harus diperbaiki dan ditambahi. Tapi kalau disuruh memilih, untuk sekarang saya pilih jadi pemain aja, karena pelatih itu benar-benar susah. Karena saya udah ngerasain jadi pelatih sama ayah saya. Tapi untuk sekadar berbagi ilmu sih tidak apa-apa, saya jadi pelatih untuk berbagi ilmu sama adik-adik di akademi.”





Edo Febriansah dan Target di Tahun Baru
Denny Shulton, Wakil Persita di Timnas U-23
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 33 70
2 Persib 33 62
3 Bali United 33 58
4 Madura United 33 54
5 PSIS SEMARANG 32 50
16 Persita Tangerang 32 33

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!