Bermain Perdana di Kandang, Persita-PSM Berbagi Poin
Jumat, 6 Maret 2020
Share With :

KELAPA DUA, Tangerang – Pertandingan kandang pertama Persita Tangerang dihelat di Satdion Sport Centre, Kelapa Dua, Jumat, 6 Maret 2020. Persita menjamu tim tamu PSM Makassar di pekan kedua Shopee Liga 1 2020. 

Pertandingan berlangsung ketat sejak awal. Persita yang baru promosi dari Liga 2 musim lalu harus langsung berhadapan dengan lawan tangguh. Namun tren positif yang diraih dari hasil seri melawan juara bertahan Bali United bisa jadi modal yang baik ketika melawan PSM Makassar yang juga menurunkan kekuatan terbaik mereka. 

Sejak awal, PSM langsung tampil menyerang. Beberapa peluang pun sempat tercipta. Namun barisan pertahanan Persita masih cukup ketat untuk menghalau serang demi serangan. Salah satunya saat M. Toha mampu mengagalkan serangan PSM di sekitar menit ke-10. Meski diserang, bukan berarti Persita tanpa peluang. DI menit ke-13, Edar sempat melepas shooting namun masih terlalu lemah untuk bisa merobek gawang PSM. 

Permainan berlanjut, PSM terus gencar menyerang. Beberapa kali bisa dipatahkan, namun akhirnya gol Persita yang dijaga Annas Fitranto harus jebol di menit ke-21 saat Asnawi Mangkualam mencetak gol. Persita pun kebobolan dan skor berubah 0-1. Meski kebobolan duluan, Persita tetap rajin menciptakan peluang demi peluang. Di menit ke-34, ada umpan silang dari Samsul Arif yang dimaksudkan untuk diterima Budnik, namun masih gagal dieksekusi. Hingga babak pertama usai, skor bertahan 0-1. 

Masuk babak kedua, Persita ngotot untuk menyamakan kedudukan. Beberapa kali ada kesempatan dari tendangan bebas, namun belum ada yang membuahkan gol. Di babak kedua, terlihat Persita bermain lebih lepas, berbeda dengan babak pertama. Buahnya, beberapa peluang pun sempat tercipta. Namun suasana kembali riuh saat akhirnya gol penyeimbang yang ditunggu dicetak oleh Edo Febriansah di menit ke-59. 

Edo yang berlari dari sisi kiri lapangan menerima umpan dari Samsul Arif dan langsung ditendang dengan keras oleh pemain bernomor punggung 97 ini. Tendangan Edo sempat ditepis kiper PSM namun masih terlalu kuat untuk kiper Hilman dan akhirnya sukses menjebol gawang PSM. Skor berubah 1-1. Hingga menit-menit terakhir, Persita belum mengendurkan serangan. Namun penyelamatan demi penyelamatan dengan prima dilakukan kiper PSM. Tercatat, hingga menit-menit akhir, ada tiga peluang emas Persita yang tercipta, namun ketiganya masih belum bisa membuahkan hasil yang maksimal. Skor pun bertahan 1-1 hingga peluit panjang dibunyikan. 

Menanggapi hasil seri di kandang sendiri, Pelatih Kepala Persita, Widodo C. Putro mengaku pertandingan hari ini cukup ketat dan menarik. “Pertandingan tadi memang cukup ketat ya. PSM tim yang sudah matang. Mereka juga bermain di AFC. Secara taktikal kami bisa beberapa kali mematahkan serangan mereka. Kami sudah berusaha dari segi taktikal. Dari segi pergantian pemain Tapi memang inilah hasil yang bisa kami capai. Kalau secara keseluruhan memang kami ingiin menang tapi inilah memang hasil yang sudah diberikan Yang Kuasa. Jadi kami siap memperbaiki lagi apa-apa yang harus dievaluasi, kita akan evaluasi lagi,” ujar Widodo usai pertandingan. 

Widodo mengakui, anak didiknya mungkin masih beradaptasi dengan pertandingan kandang yang memang baru pertama kali dilakoni para Pendekar Cisadane. Akibatnya, pemain sedikit berhati-hati di lapangan, terutama di babak awal. “Ya kalau telat panas, saya kira panasnya berapa derajat ya. Ya mungkin ini pertama home ya. Pemain juga melihat kemungkinan PSM pemain yang sudah matang, jadi sangat berhati-hati. Akhirnya di babak pertama kami kecolongan. Di babak kedua saya instruksikan pemain lepas aja. Akhirnya mereka bisa bermain dan bisa menciptakan beberapa peluang. Tapi ya memang inilah yang sudah maksimal dilakukan,” tambah Widodo. 

Hasil pertandingan ini memang akan menjadi evaluasi yang baik untuk tim Persita. Meski di pra musim Persita sempat menjalani uji coba, tapi dua pertandingan awal di Shopee Liga 1 ini akan menjadi tambahan evaluasi tentunya untuk tim pelatih menerapkan strategi dan taktikal di pertandingan berikutnya. “Ya kami juga lima puluh persen ini pemain baru. Kami sudah beberapa kali uji coba. Tapi di kompetisi ini nanti akan bertahap dievaluasi. Tidak mungkin terus besok juga kami harus menyerang total, tidak. Tapi harus melihat situasi dan kondisi yang ada. Karena kita main away juga. Pasti sema tim juga pengin menang. Tapi di situ ada taktikal Bagaimana yang terpenting kita tidak kalah kalau away. Itu prinsip saya. 

Sementara itu, Edo Febriansah, pemain belakang Persita yang mencetak gol tunggal di pertandingan sore ini pun mengaku lega dan senang, meski Persita belum bisa memetik poin penuh di kandang. Namun kesempatan untuk mencetak gol perdana di Liga 1 cukup mengesankan untuk pemain berusia 22 tahun ini. “Saya mengucap syukur dengan hasil ini. Patut disyukuri walaupun kita di kandang dan kita bermain seri. Semoga ke depan kita bisa lebih kuat lagi dan bisa meraih hasil yang lebih baik. Ya alhamdulilah di karier saya Liga 1 saya bisa cetak gol. Yang pasti saya berdoa pada Tuhan. Yang pasti ini gol, saya terima kasih pada Tuhan. Yang kedua untuk kedua orang tua saya yang selalu mensupport saya apapun yang terjadi. Yang ketiga juga kepada pendukung dari Persita Tangerang. Terima kasih.” 

Sebagai catatan tambahan, di pertandingan ini, Panitia Pelaksana (panpel) pertandingan pun melakukan aktivitas yang ebrbeda dari yang biasanya. Sebagai bentuk antisipasi, Panpel melakukan aktivitas pemeriksaan temperatur badan seluruh penonton yang hadir. Selain itu, ada pula aktivitas pembagian masker dan penyediaan cairan hand sanitizer. Semua ini dilakukan sebagai tindakan preventif mengingat maraknya perkembangan virus COVID-19 (Corona) yang sudah masuk ke Indonesia. Aktivitas serupa pun rencananya masih akan dilakukan di pertandingan kandang Persita selanjutnya pada 5 April mendatang melawan Persib Bandung. 

Setelah pertandingan hari ini, Persita akan melakoni pertandingan pekan ketiga, pertandingan kandang melawan Persikabo 1973 yang akan digelar pada Minggu, 15April 2020 di Satdion Pakansari, Bogor.

Persita Tahan Imbang Juara Bertahan Bali United
Menyambut Kembali Pendekar Raphael Maitimo
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 29 69
2 Persib 30 55
3 Bali United 29 49
4 Madura United 29 46
5 PSIS SEMARANG 29 46
16 Persita Tangerang 30 31

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!