Sukses Amankan Poin Penuh di Laga Pembuka Series Ketiga
Kamis, 18 November 2021
Share With :

SLEMAN, Yogyakarta – Mengawali perjuangan di Series Ketiga BRI Liga 1 2021/2022, Persita Tangerang menjamu tim tuan rumah Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Laga perdana yang tidak mudah, karena Persita harus langsung beradu dengan pemuncak klasemen sementara.

Tapi fakta tersebut tidak mengecilkan nyali dan tekad para Pendekar Cisadane untuk menunjukkan perjuangan terbaik mereka. Meski tidak diperkuat beberapa pemain seperti Adam Mitter, Dhika Bayangkara dan Alex Goncalves, skuad Persita membuktikan kualitas mereka.

Bermain maksimal hingga menit akhir, Persita sukses membawa pulang tiga poin dari laga perdana. Tiga poin yang sangat baik untuk mengawali perjalanan di Series Ketiga ini. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 dan dua gol Persita dicetak oleh Irsyad Maulana dan Ahmad Nur Hardianto.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Persita mengawali babak pertama dengan bermain cukup rapi. Build up dilakukan dengan teratur dan solid meski belum ada peluang yang terlalu mencolok tercipta. Peluang perdana Persita tercipta di sekitar menit ke-7 saat Toha mengirimkan umpan silang datar ke arah tengah, berharap bisa dieksekusi Nur, namun sayang Nur dijatuhkan pemain lawan di kotak penalti namun tidak ada penalti yang diberikan.

Satu demi satu peluang tercipta bagi Persit memasuki menit ke-13. Peluang yang mampu menciptakan kemelut di depan gawang Bhayangkara FC beberapa kali. Namun beberapa kali pula pemain lawan masih mampu mengamankan gawang mereka. 

Masuk menit ke-20 permainan masih berjalan cukup berimbang, bahkan lebih banyak tercipta peluang di kubu Persita. Pertahanan Persita juga cukup solid untuk menghalau beberapa kesempatan penyerangan dari lawan. 

Kebuntuan yang berlangsung di separuh babak pertama kahirnya menemui titik terang bagi Persita. Di menit ke-24, adalah Irsyad Maulana yang mampu menjebol gawang Bhayangkara FC setelah menerima bola yang ditendang Harrison Cardoso yang mengenai gawang namun mendarat di hadapan Irsyad. Skor berubah 1-0 untuk Persita!

Meski unggul sementara 1-0, Persita belum melonggarkan serangan sembari juga merapatkan barisan pertahanan. Hingga menit ke-35 pun permainan Persita masih cukup rapi dan terkendali. Beberapa kali menerima tekanan, pemain belakang Persita tetap tenang mengantisipasi.

Menit ke-38 kembali lahir peluang dari permainan satu dua yang cantik dari Persita. Semua berawal dari build up yang baik dari lini belakang. Irsyad berlari dari sisi sayap, crossing ke 

tengah mendapati Toha yang berada dekat ke gawang, namun tendangan Toha masih melambung di atas mistar gawang. 

Pertandingan atraktif berlangsung hingga menit akhir babak pertama namun belum ada yang bisa menciptakan gol tambahan dari kedua belah pihak. Babak pertama pun disudahi dengan skor 1-0 masih untuk keunggulan Persita.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan efektif oleh Persita. Memanfaatkan serangan balik, satu peluang tercipta dari umpan silang Toha yang seharusnya diterima oleh Nur Hardianto. Namun sayang belum bisa dieksekusi dengan sempurna oleh pemain bernomor punggung 9 tersebut.

Meski masih unggul, Persita tidak menunjukkan tanda-tanda menurunkan tempo serangan. Satu demi satu usaha dilakukan dengan sabar dan teratur. Karena tentunya keunggulan 1-0 belum aman untuk skuad Pendekar Cisadane.

Frustasi dengan ketertinggalan, tampaknya tim lawan mulai berusaha untuk membawa permainan berlangsung dengan tempo lebih cepat. Tapi Persita tak mau terpancing dan malah sebaliknya tetap berusaha mengendalikan permainan. 

Masuk menit ke-70, Persita melalukan pergantian pemain perdana. Aldi Al Achya keluar digantikan Alta Ballah dengan harapan bisa menyegarkan kekuatan Persita untuk semakin banyak menciptakan peluang.

Memasuki 15 menit terakhir waktu normal, hujan semakin deras mengguyur Stadion Maguwoharjo. Permainan pun mulai berlangsung keras. Satu pemain Bhayangkara Fc pun harus diganjar kartu merah karena menabrak Bae Sin Yeong. Namun dengan benefit satu pemain lebih banyak, Persita kebobolan satu gol. Skor berubah 1-1.

Tapi tak butuh waktu lama untuk Persita untuk re-group dan kembali menyatukan semangat. Tak berselang lama, tepatnya menit ke-81, ada Ahmad Nur Hardianto yang dengan tenang menjebol gawang Bhayangkara FC setelah melewati dua pemain lawan. Kembali Persita unggul dengan skor berbeda 2-1.

Serangan demi serangan terus dipertontonkan lawan hingga menit-menit akhir. Sebaliknya, Persita pun tetap berusaha menyerang. Pemain baru dimasukkan, Raphael Maitimo, Herwin Tri Saputra dan Duta Atapelwa untuk menambah daya gedor sekaligus pertahanan.

Tapi gawang Persita yang dijaga Try Hamdani masih terlalu tangguh. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Persita.

Tidak Ada yang Tidak Mungkin

Menanggapi kemenangan perdana di Series Ketiga melawan tim yang sementara memuncaki klasemen, Widodo Cahyono Putro, Pelatih Kepala Persita mengaku sudah menginstruksikan pemiannya untuk melakukan pressing sejak awal. “Alhamdulillah puji syukur kita pada sore hari ini bisa memenangkan pertandingan. Terima kasih juga untuk pemain keseluruhan yang sudah bekerja keas. Untuk manajemen yang selalu support dan tentunya pemain cadangan juga dan supporter juga yang selalu mendoakan kita supaya kita selalu diberi keselamatan dan keberhasilan yang maksimal.”

“Memang pertandingan tadi kita sudah menginstruksikan kepada pemain. Kita dari awal harus terus pressing mereka, menyerang. Dan ini sehingga di babak pertama tadi kita sudah bisa mencetak gol. Dan inilah kerja keras dan buah hasil dari para pemain,” ungkap Widodo usai pertandingan.

Ditanya apa rahasia bisa mengalahkan Bhayangkara FC, Widodo mengaku tidak memiliki trik khusus. Tapi memang tentu saja Persita sudah mempersiapkan analisa tim lawan. Selain itu, secara psikis pun, Widodo dan staff pelatih selalu menekankan pada para Pendekar untuk tidak percaya diri berlebihan. Semua harus tetap fokus berjuang, siapa pun lawannya.

“Tentunya ya kita menganalisis Bhayangkara ya. Itu nomor satu Kedua juga menganalisa permainan kita juga. Di sepak bola liga kita ini tidak ada yang tidak mungkin. Semua saling mengalahkan ya kecuali mungkin Persib belum terkalahkan. Jadi saya kira kita lihat statistik Bhayangkara juga. Di awal-awal Seri mereka kemarin Seri Kedua terjadi kekalahan ya. Jadi itu salah satu modal penting juga buat kita. Jadi pemain bisa percaya diri.” 

“Dan penguasaan bola, itu yang lebih penting. Jadi kepercayaan diri itu tidak over confidence, tapi tetap kita percaya diri. Dan terbukti anak-anak bisa memainkan bola dan bisa menciptakan gol,” tambahnya lagi.

Dengan kemenangan ini, maka peringkat Persita sementara membaik. Meski masih banyak pertandingan lainnya yang belum dimainkan di Pekan Keduabelas BRI Liga 1 2021/2022 ini. “Tentunya urutan enam, saya mengalir saja karena sepak bola itu nanti berkembang terus. Kesalahan-kesalahan kita terus perbaiki. Yang bagus kita terus tambah, yang salah kita perbaiki. Jadi kita mengalir saja,” ujar Widodo yang juga secara taktikal selalu mengetengahkan tiga unsur penting dalam sepak bola yang harus dikuasi anak asuhnya.

“Tentunya kita sepak bola itu kan ada tiga momen ya. Dari attack to defend, defend to attack dan transisi itu sendiri. Di mana kita sudah unggul, pasti lawan pun akan menekan kita. Dan tadi ada lawan menyamakan kedudukan, kita ada peluang untuk bisa mencetak gol, ciptakan gol. Jadi tidak menahan-nahan. Jadi inilah sepak bola ya. Ada bertahan, ada menyerang.”

Tak ada mimpi muluk-muluk yang dimiliki Persita. Sesuai target manajemen, Persita berharap bisa menyelesaikan kompetisi di peringkat 10 besar. Dan semua pemain berkontribusi serupa untuk mencapai target tersebut pastinya.

“Kami di awal dan manajemen sudah sepakat bahwa tim kita, tim Persita ini sedang berkembang. Dan yang dibidik itu infrastruktur dulu. Jadi kami mengalir saja di kompetisi  dan tentunya bursa transfer nanti kita lihat lah. Kita lihat situasi yang berkembang. Tanpa striker asing itu yang selalu kami bicarakan dengan pemain. Bukan siapa yang mencetak gol tapi bagaimana tim ini bisa memenangkan pertandingan. Jadi itu filosofi kami di Persita,” cerita pelatih kelahiran Cilacap Barat ini.

Mengenai beberapa keputusan wasit yang dinilai tim lawan kontroversial, Widodo tak mau berkomentar banyak. “Saya kira sama lah. Kalau kita berurut-urutan. Tadi kita ada diuntungkan ada dirugikan, Mereka juga begitu. Ada diuntungkan dirugikan, Biasalah. Biasanya tim yang kalah itu biasa begitu. Tapi kami di sini terus lah. Kita adalah bagian dari sepak bola Indonesia. Kami berusaha utnuk menjaga supaya liga ini berjalan dengan baik. Kita juga setalah pertandingan tadi tidak ada masalah dengan official Bhayangkara kita salaman, kita biasa. Itulah sepak bola. Menguras emosional. Yang terpenting kita tidak berantem.”

Sementara itu, penjaga gawang Try Hamdani Goentara yang di pertandingan ini tampil cemerlang, mempersembahakn kemenangan Persita untuk para supporter. “Ya alhamduillah puji sykur, tiga poin penting buat kami. Berkat kerja keras teman-teman dan instruksi pelatih kita jalankan dengan baik dari awal sampai menit akhir. Kemenangan ini juga modal buat kami yang baik buat di Series Tiga ini. Harapannya kita semoga selalu konsisten dan lebih baik buat mentap pertandingan selanjutnya Dan yang terakhir ini kemenangan kita persembahkan buat supporter di Tangerang dan di manapun. Karena berkat doa mereka, support mereka kita bisa memberikan kemenangan.”


Awali Series 3, Persita Ekstra Waspada
Siap Menjaga Ketat Persebaya di Pekan Ketigabelas
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1
Post Team Match Point
1 Madura United 10 23
2 PSM 9 21
3 Bali United 10 21
4 Persija 10 21
5 Borneo FC 10 20
6 Persita Tangerang 10 19

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Sign Up For Persita Newsletter

Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!