Misi Berhasil, Tiga Poin dari Pekan Kedelapan!
Jumat, 22 Oktober 2021
Share With :

MAGELANG, Jawa Tengah – Untuk kali kedua, Persita melakoni laga di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, dalam rangkaian Series 2 BRI Liga 1 2021/2022 tepatnya di pekan kedelapan. Di laga ini, Persita selaku tim tuan rumah menjamu tim Persikabo 1973. 

Dengan misi utama mengamankan tiga poin, Persita bermain dengan kekuatan penuh. Setelah pekan lalu sempat dirundung absennya beberapa pemain karena akumulasi kartu dan cedera, pekan kedelapan ini Persita menurunkan skuad terbaiknya. Hanya satu pemain yang absen, yakni Agung Prasetyo, akibat akumulasi kartu. Tapi nama-nama seperti Harrison Cardoso, Edo Febriansah, Ahmad Nur Hardianto dan Irsyad Maulana masuk di starting eleven.

Sementara itu, Muhammad Toha mencatatkan raihan sendiri di pertandingan ini karena untuk kali pertama ia ditunjuk sebagai Kapten Tim.

Sesuai target yang diharapkan, Persita pun sukses mengamankan tiga poin dari laga pekan kedelapan ini. Dengan skor akhir 2-1, Persita meraih kemenangan dari tim tamu sekaligus memperbaiki peringkat di klasemen sementara.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Lima menit pertama, kedua belah tim terlihat jual beli serangan, namun penguasaan bola masih didominasi lawan. Perubahan muncul di menit ketujuh saat Edo membawa bola dari sisi kiri lapangan mencoba untuk crossing kea rah gawang tapi belum menghasilkan peluang berarti. 

Sepuluh menit berjalan, Persita mencoba mengatur tempo permainan dengan lebih banyak memainkan bola. Penguasaan bola pun mulai berimbang. Menit ke-17 ada peluang emas tercipta untuk Persita saat Alex Goncalves terlepas dari kawalan pemain belakang Persita dan berlari kea rah gawang membawa bola dan langsung menendang bola menuju gawang. Sayang, bola datar Alex masih sedikit melebar dari gawang.

Menit ke-20 keadaan berubah untuk Persita. Gol cantik Harrison Cardoso mengubah skor. Berawal dari bola dari Bae Sin Yeong mengarah ke Alex, yang memberi assist cantik ke Harrison. Set up luar biasa yang diekseskusi dengan kaki kiri dengan sempurna oleh Harrison. Skor berubah 1-0 untuk Persita!

Penyelamatan luar biasa dilakukan oleh Syaeful Anwar di menit ke-27 yang menyelamatkan gawang Persita dari kebobolan setelah kiper Dhika Bayangkara maju untuk menyelamatkan bola namun rebound, sehingga posisi gawang sempat kosong dan Syaeful memblok tendangan lawan.

Menit ke-31 angin segar kembali menghampiri Persita saat Harrison Cardoso lepas dari pengawalan. Harrison mendapat umpan panjang dari Irsyad Maulana dan dieksekusi dengan sempurna dengan gaya khas Harrison mengantarkan bola dari antara dua kaki kiper Persikabo. Skor berubah 2-0 untuk Persita!

Menit 40, skor nyaris bertambah untuk Persita saat Bae Sin Yeong menendang langsung kea rah gawang, namun masih melambung sedikit di atas mistar gawang Persikabo. Dua enit berselang, kembali ada peluang emas setelah Irsyad membawa bola ke arah gawang tanpa pengawalan dan mengirim umpan ke Harrison. Namun Harrison terlambat sedikit saja menyambut umpan Irsyad. Nyaris! Skor pun tidak berubah hingga turun minum.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Persita memulai babak kedua dengan serangan langsung. Dua peluang on target langsung tercipta. Edo Febriansah membawa bola sendiri hinga ke sisi gawang. Kencang, datar dan terarah langsung menuju gawang Persikabo namun belum bisa menghasilkan gol. Dilanjutkan oleh Andre Agustiar yang menerima umpan dan melesatkan tendangan on target. Gagal dimanfaatkan dengan baik.

Terbukti, meski unggul dua gol, Persita belum melonggarkan serangannya. Malah beberapa peluang muncul di awal babak kedua. Tempo pertandingan di babak kedua pun mulai meninggi. Beberapa pelanggaran terjadi di awal babak kedua.

Menit ke-63 Edo kembali menempatkan dirinya di posisi seperti di babak pertama saat ia mampu menciptakan peluang. Sayang, hanya berbuah tendangan sudut. Tendangan sudut yang juga melahirkan peluang dari sundulan Alex Goncalves. Dua kesempatan dalam beberapa menit namun belum bisa menambah keunggulan Persita.

Penyelamatan yang baik dilakukan penjaga gawang Dhika Bhayangkara saat ada tendangan on target dari pemain Persikabo di babak ke-67. Namun di menit yang sama, Harrison Cardoso pun terlihat tersungkur di lapangan. Kondisi ini memaksa Widodo Cahyono Putro, Pelatih Kepala Persita menggantikan Harrison dengan Ade Jantra Lukmana.

Lima belas menit terakhir waktu normal, Persita kembali melakukan sejumlah perombakan. Syaeful harus keluar karena cedera dan dua pemain langsung dimasukkan. Herwin Tri Saputra masuk menggantikan Syaeful dan Ahmad Nur Hardianto masuk menggantikan Andre Agustiar.

Skor berubah saat Persikabo mendapatkan tendangan bebas dari jarak yang cukup mumpuni dari gawang Persita. Menit ke-80 lawan melesatkan tendangan langsung yang keras dan menjebol gawang Persita. Skor berubah 2-1.

Menit-menit terakhir, Persita kian gencar diserang. Namun beberapa counter attack juga tercipta. Pergantian pemain pun kembali dilakukan di kubu Persita. Taufiq ditarik keluar digantikan Kevin Gomes. Tampaknya Persita ingin mempertebal benteng pertahanannya dengan kondisi unggul 2-1.

Namun hingga peluit akhir berbunyi, skor belum berubah. Dan Persita unggul 2-1 serta sukses membawa pulang poin penuh dari pekan kedelapan. Pekan depan, Persita akan melakoni laga kesembilan melawan Arema FC.

Buah Kerja Keras Bersama

Sukses membawa pulang tiga poin, Pelatih Kepala Persita tidak langsung jumawa. Widodo Cahyono Putro berterima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan anak asuhnya. “Puji syukur alhamdulillah pada sore hari ini kita bisa memenangkan pertandingan. Kami ucapkan terima kasih pada para pemain yang sudah bekerja keras untuk bisa mendapatkan poin penuh sore hari ini. Dan juga manajemen Persita dan juga tak lupa bagi fans Persita di manapun berada. Yang selalu mendoakan kita terus untuk berjuang di Magelang ini. Memang pertandingan tadi sangat menguras emosional ya. Tapi inilah sepak bola. Yang terpenting kita semua pemain baik dari Persita maupun dari Tira (Persikabo) tidak ada yang cedera serius,” ujar Widodo usai pertandingan.

Widodo tak mau berkomentar banyak soal jalannya pertandingan, termasuk soal gol lawan yang terjadi dari set piece. Tapi ia berjanji akan terus membenahi tim di pertandingan selanjutnya. “Saya kira bola mati tadi kan tidak melalui orang kedua. Dia langsung, direct Jadi saya kira itulah sepak bola. Di mana kita sudah dibenahi defend, ternyata dia direct langsung. Itu ke depan kita terus, karena sepak bola, terus berjalan, kompetisi berjalan. Mana yang harus kita benahi ya kita harus benahi,” ujar pelatih kelahiran Cilacap Barat ini.

Satu insiden sempat terjadi di pertandingan ini saat Adam melakukan tekel pada pemain Persikabo. Untuk itu, Widodo pun turut meminta maaf. “Saya juga minta maaf tadi ada pemain Persikabo yang ditarik keluar, ditandu keluar, Firza Andika. Saya sudah minta ke Adam juga supaya Adam minta maaf ke Firza, Mudah-mudahan cederanya tidak serius ya,” harap Widodo.

Yang jelas, Widodo berkata selalu menjunjung tinggi fair play di setiap pertandingan. “Sebetulnya tadi pelanggaran juga dari Persikabo harus ada kartu merah, kartu kuning dua kali. Tapi it’s okay, comment dari mereka. Yang jelas kami di sepak bola mengajarkan fair play supaya pemain juga tidak saling mencederai,” pungkasnya.

Sementara itu, pencetak dua gol di pertandingan sore ini, Harrison Cardoso mengaku sangat senang dengan hasil maksimal yang diraih Persita. Tapi Harrison tak mau terbuai dan sudah bersiap untuk fokus ke pertandingan berikutnya. “Menurut saya ini adalah pertandingan yang bagus untuk kita. Di babak pertama kita bisa mencetak dua gol dan memberikan kepercayaan diri lebih untuk kita. Babak kedua kita bermain sedikit tertutup dan lini pertahanan kita sangat bagus. Jadi saya bahagia kita bisa menang dan saya senang bisa membantu tim. Sekarang kita harus menikmati saat ini dan nanti berpikir untuk pertandingan berikutnya,” ujar pemilik nomor punggung 31 ini.

Usai mencetak dua gol, Harrison pun digantikan di babak kedua. Tapi menurutnya ia tidak memiliki masalah serius. “Saya merasa baik-baik saja di babak pertama. Di babak kedua saya merasakan sedikti kesakitan. Saya lari sebisa mungkin. Tapi ketika saya sudah tidak bisa lagi lari untuk membantu teman-teman saya, saya minta ke Coach untuk diganti. Dan sekarang semoga saya bisa cepat pulih untuk pertandingan berikutnya,” kata pemain asal Brasil yang mendedikasikan dua golnya untuk keluarganya di kampung halaman.

“Saya mendedikasikan gol untuk putri dan istri saya. Saya rindu sekali dengan mereka. Dan gol saya hari ini untuk mereka,” tutupnya.


Melawan Persikabo, Persita Turunkan Skuad Penuh
Kekompakan jadi Modal Utama Lawan Arema FC
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1
Post Team Match Point
1 Bali United 34 75
2 Persib 34 69
3 Bhayangkara FC 34 66
4 Arema FC 34 65
5 Persebaya 34 63
12 Persita Tangerang 34 39

Official Sponsors

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Sign Up For Persita Newsletter

Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!