Laga Perdana Series 2, Persita Bungkus Satu Poin
Sabtu, 16 Oktober 2021
Share With :

MAGELANG, Jawa Tengah –Di laga perdana Series 2 BRI Liga 1 2021/2022, skuad Persita Tangerang memastikan mengamankan satu poin sebagai tim tuan rumah. Persita bermain imbang melawan tim tamu Persiraja di laga yang berlangsung di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 15.15 WIB.

Satu poin diraih walaupun Persita tidak menurunkan banyak Pendekar andalannya. Edo Febriansah, Irsyad Maulana dan Ahmad Nur Hardianto harus absen karena akumulasi kartu. Sementara Harrison Cardoso, Pendekar asing asal Brasil juga masih dalam proses pemulihan dari cedera. Ditambah lagi, Adittia Gigis Hermawan dan Rifky Dwi Septiawan pun harus absen karena sedang menjalani proses seleksi calon TNI.

Meskipun begitu, Persita berusaha menunjukkan performa terbaiknya meski mengakhiri pertandingan 2x45 menit, dengan skor imbang 1-1. Bukan hasil yang diinginkan, tapi Persita harus puas dengan satu poin kali ini. Satu-satunya gol Persita dicetak oleh Alex Goncalves.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Pertandingan dimulai dengan tekanan dari kedua tim secara bergantian. Namun Persita mampu menciptakan peluang di menit ketiga. Tapi justru semenit kemudian lawan mencetak gol cepat yang bermula dari tendangan bebas. Skor berubah 0-1 untuk keunggulan Persiraja. 

Menit kedelapan, serangan kilat Alex Goncalves mampu mengecoh penjaga gawang lawan dan mampu melewatinya, tapi sayang, tendangannya belum akurat dan mengarah ke samping gawang.Tiga menit setelahnya, peluang emas tercipta untuk Persita yang diawali oleh tendangan sudut kombinasi. Sayang, sundulan Alex masih tipis melambung di atas mistar gawang.

Memasuki separuh babak pertama, penguasaan bola masih didominasi Persita. Meskipun begitu, belum ada peluang lagi yang tercipta yang bisa dikonversi menjadi gol. Kembali peluang gol tercipta di menit ke-25 saat umpan silang dari Alta Ballah gagal dieksekusi oleh Alex Goncalves.  

Jelang akhir babak pertama, pertandingan berlangsung keras. Terbukti, Persita sudah mengantungi 2 kartu kuning untuk Agung Prasetyo dan Alex Goncalves. Gol yang dinantikan akhirnya tercipta oleh sundulan Alex Goncalves di menit ke-41. Berawal dari tendangan bebas dari Bae Sin Yeong yang langsung disambut tandukan Alex dan sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol ini juga sekaligus menjadi gol perdana Alex bersama Persita di kompetisi resmi.

Skor nyaris bertambah untuk Persita saat Alta Ballah ada di depan gawang dan menyambut umpan dari Alex Goncalves. Tapi sepakan kaki kirinya masih jauh melambung dari gawang lawan. Skor pun tak berubah, tetap 1-1 hingga turun minum.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Mengawali babak kedua, Persita langsung melakukan perombakan skuad. Aldi Al Achya masuk menggantikan Billy Keraf untuk menajamkan daya serang Pendekar Cisadane. Persita pun memulai babak kedua dengan percaya diri dan langsung melakukan serangan. Tapi di sisi sebaliknya, lawan pun lebih aktif melakukan tekanan di area pertahanan Persita.

Peluang baru menghampiri Persita di menit ke-55 saat Alex memberikan umpan sundulan di depan gawang ke Raphael Maitimo tapi tidak bisa dieksekusi dengan baik oleh pemain bernomor punggung 10 itu. 

Menit ke-60, Persita kembali melakukan pergantian pemain. Raphael Maitimo keluar digantikan Ade Jantra Lukmana dan Andre Agustiar masuk menggantikan Alta Ballah. Namun hingga jelang menit ke-70, belum ada peluang berarti yang terlahir dari skuad Persita. Kembali pergantian pemain pun dilakukan Persita dengan memasukkan Chandra Waskito menggantikan Alex Goncalves, sang pencetak gol.

Menit ke-73 ada peluang emas yang dilahirkan oleh umpan silang dari Ade Jantra menuju Aldi yang kembali menyilangkannya ke Kito, tapi mampu di-intercept oleh kiper lawan. Belum ada gol juga yang tercipta.

Di menit-menit akhir babak kedua, Persita masih terlihat kesulitan untuk keluar dari pertahanan lawan. Meski mendominasi penguasaan bola dan mampu menciptakan beberapa peluang, tapi gol yang diperlukan belum juga tiba.

Menit ke-86 kembali drama terjadi di depan gawang lawan. Berawal dari tendangan bebas yang dilayangkan Bae Sin Yeong, disambut sundulan Adam Mitter, namun menyentuh tiang gawang. Kito berusaha merebut rebound, namun masih melayang di atas mistar gawang. Bukan harinya Persita, hasil maksimal pun gagal diraih. Pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Bukan Hasil yang Diinginkan

Berstatus sebagai tuan rumah dan melawan tim yang saat ini berada di papan bawah klasemen namun tidak meraih poin penuh tentu menjadi pukulan bagi tim Persita. Tapi Pelatih Kepala Persita, Widodo Cahyono Putro berjanji akan melakukan evaluasi secara keseluruhan. 

“Sebelumnya saya terima kasih juga kepada pemain yang sudah bekerja keras. Memang kita sebagai tuan rumah atau home, seyogyanya kita bisa memenangkan pertandingan. Tapi inilah sepak bola, di mana kita sudah berusaha tapi hasil tidak berpihak kemenangan pada kita. Tapi apapun itu karena kompetisi masih panjang, kita terus harus mengevaluasi nanti dari tim pelatih, juga terutama pemain sendiri. Apa sih kekurangannya, apa sih yang harus kita lakukan,” ujar Widodo usai pertandingan.

 

Tapi Widodo juga menekankan, apapun evaluasi yang dilakukan, semua harus dilakukan secara bersama-sama sebagai tim. Terutama untuk memperbaiki pertahanan yang rentan dijebol lawan. “Mari, karena ini juga bersama-sama, kita akan terus memperbaiki secara keseluruhan, terutama tadi terjadinya gol. Dan bagaimana kita bisa memainkan permainan kita sebagai home,” lanjutnya.

Kata Widodo lagi, ke depannya, dengan jadwal kompetisi yang kian padat, ia akan mengandalkan conditioning dan juga memperbaiki banyak aspek lainnya seperti pola makan dan istirahat. Widodo pun akan melakukan sejumlah rotasi untuk tetap mempertahankan performa para Pendekar dan meminimalisir terjadinya cedera. Hal preventif pun harus dilakukan Widodo di pertandingan melawan Persiraja tadi dengan menggantikan Alex di tengah babak kedua.

“Memang Alex tadi sudah bicara ke saya dia sudah ada sinyal bahwa ada stretch sedikit di otot pahanya. Dan saya juga untuk protect ke dia untuk pertandingan berikutnya jadi saya ganti dia dan saya masukkan Kito,” kata Widodo.

“Tentunya selain conditioning, dari segi pola makan juga kita harus merapikan dan tentunya dari segi istirahat. Memang di sini kami juga sedikit kesulitan mungkin untuk tempat berlatih. Ya karena kita ada tapi tidak sesuai dengan kondisi ya. Lapangannya sangat keras. Tapi itu dialami juga oleh semua tim, saya pasti. Tapi kami bersyukur juga kami bisa dapat tempat latihankemarin. Yang jelas ke depan ini kami terus step by step merotasi pemain, karena kompetisinya dekat, jadi itu yang kami lakukan selama ini,” pungkasnya lagi.

Sementara itu, perwakilan pemain, Agung Prasetyo, yang juga menjabat sebagai kapten di pertandingan pekan ketujuh ini pun mengaku berat hati karena tidak bisa membawa pulang poin maksimal. Tapi ia berjanji akan memperbaiki performa bersama para Pendekar lainnya di pertandingan selanjutnya. “Yang pertama kita mengucap syukur ataas pertandingan ini. Yang jelas, kami sebagai pemain yang di sini tidak menginginkan hasil ini. Tapi situasi di lapangan berubah. Mudah-mudahan pertandingan selanjutnya kita bisa meraih hasil maksimal dan hal seperti ini tidak terulang kembali,” kata pemain bernomor punggung 13 ini.

Selanjutnya, di pekan kedelapan BRI LIga 1 2021/2022, Persita akan menghadapi tim Persikabo pada Jumat, 22 Oktober 2021 mendatang.


Berharap Clean Sheet di Laga Perdana Series Kedua
Melawan Persikabo, Persita Turunkan Skuad Penuh
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 29 69
2 Persib 29 54
3 Bali United 29 49
4 Madura United 29 46
5 PSIS SEMARANG 29 46
16 Persita Tangerang 30 31

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!