Kompetisi Dihentikan Sementara, Persita Dukung Keputusan PSSI
Sabtu, 28 Maret 2020
Share With :

KELAPA DUA, Tangerang – Lewat Surat Keputusan tanggal 27 Maret yang lalu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan telah menyatakan bahwa kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020 berada dalam status keadaan tertentu darurat bencana virus COVID-19 setelah menimbang arahan dari Presiden RI Joko Widodo serta masukan dari banyak pihak.

Sesuai surat keputusan tersebut, PSSI menetapkan bulan Maret hingga Juni sebagai keadaan tertentu darurat bencana terkait penyebaran virus COVID 19 di mana status ini disebut sebagai keadaan kahar atau force majeure.

Terkait keputusan tersebut, Persita Tangerang secara umum menerima dan mendukung kebijakan yang telah diambil PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia. “Kami tentu menerima dan mendukung keputusan dari PSSI. Apalagi ini kan memang untuk kepentingan dan keselamatan kita semua. Yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan semua pelaku industri sepak bola. Karena itu kami menerima keputusan ini dengan lapang dada sambil terus melakukan koordinasi internal untuk beberapa penyesuaian yang menyusul keputusan ini tentunya,” ujar I Nyoman Suryanthara, Manajer Tim Persita, Sabtu, 28 Maret.

Tentu keputusan yang ditetapkan PSSI ini berat, meski memang harus dijalankan. Karena itu, Persita juga memiliki beberapa pandangan terkait keputusan pemberhentian sementara kompetisi Shopee Liga 1 2020, salah satunya terkait jadwal pertandingan lanjutan. Seperti yang tercantum di keputusan PSSI, jika memang status keadaan darurat penyebaran COVID-19 tidak diperpanjang lebih dari 29 Mei, maka kompetisi akan dilanjutkan per tanggal 1 Juli 2020. Persita berharap ada kejelasan soal jadwal ini, terutama dari pihak operatir kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Terkait itu, kalau memang nantinya kompetisi berjalan mulai 1 Juli lagi, kami berharap PSSI atau PT. LIB sudah menyiapkan jadwal yang fix. Karena ini akan mempengaruhi durasi kompetisi dan durasi kompetisi juga akan berpengaruh pada masa kontrak pemain, pelatih dan official pastinya. Karena kan pada umumnya mereka menandatangani kontrak per musim atau per tahun. Jadi ini pasti akan berpengaruh pada kondisi kontrak mereka. Ini yang kami minta untuk dinegaskan kembali,” tambah Nyoman.

Selain itu, Persita juga berharap agar PSSI juga menjelaskan lebih rinci soal aturan pembayaran gaji pemain dari bulan Maret hingga Juni mendatang. Seperti yang disebutkan di surat keputusan, klub dapat melakukan perubahan kontrak kerja atas kewajiban pembaaran gaji yang akan dibayarkan maksimal 25 persen dari kewajiban yang tertera di kontrak kerja.

“Tentu kemampuan finansial klub tidak sama. Apalagi dalam kondisi seperti ini, otomatis secara pemasukan akan lumayan berkurang. Karena itu kami berharap ada keterlibatan PSSI di sini. Setidaknya untuk memperjelas teknis seperti apa penentuan persentase gaji yang akan diberikan selama masa darurat ini,” kata Nyoman lagi.

Terlepas dari keputusan PSSI soal kompetisi, tim Persita masih terus berkegiatan meski tidak bersama-sama. Persita sendiri sudah menghentikan program latihan sejak usai pertandingan pekan ketiga melawan tuan rumah Persikabo, Minggu, 15 Maret yang lalu. Selama masa libur ini, tim pelatih Persita telah mendistribusikan program latihan kepada seluruh pemain agar bisa melakukan latihan mandiri di tempat masing-masing. 

Selama masa latihan mandiri ini, setiap hari pemain wajib mengirimkan laporan latihan dalam bentuk video yang dikumpulkan setiap hari sebagai bahan evaluasi para pelatih.


Antisipasi COVID-19, Persita Tunda Jadwal Latihan
Persita Ambil Keputusan Soal Penggajian Pemain
Next Match
STANDINGS BRI LIGA 1 2023/24
Post Team Match Point
1 Borneo FC 32 70
2 Persib 32 59
3 Bali United 32 55
4 Madura United 32 53
5 PSIS SEMARANG 32 50
16 Persita Tangerang 32 33

Official Sponsors

Official Partners

Info Persita

Alamat

Ruko Graha Boulevard Blok B No.20, Jalan Gading Serpong, Klp. Dua, 15810, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810, Indonesia

Info Kontak Tentang

Professional Football Club based in Tangerang Regency. Playing in Liga 2 Indonesia.

Sitemap

Jalan Kelapa Puan Blok AF 1 no 1, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten 15810
Jangan Sampai Terlewat ! Subscribe Newsletter PERSITA dan kamu akan mendapatkan berita terbaru tentang PERSITA dan dikirim langsung ke kotak masuk kamu!